Hukum Bacaan Iqlab

Mar 27, 2023
Kuliner dan Catering

Hukum bacaan iqlab adalah salah satu konsep penting dalam ilmu tajwid yang harus dipahami dengan baik. Dalam bahasa Arab, iqlab berarti "penggantian" atau "perubahan." Hukum ini berlaku ketika huruf ن (nun) sukun diikuti oleh huruf ب (ba) dengan tanwin. Berdasarkan aturan tajwid, huruf nun sukun harus diubah bacaannya menjadi huruf mim dengan suara iqlab.

Pengertian Iqlab

Iqlab terjadi ketika huruf sukun nun (ن) pada akhir kata diikuti oleh huruf ba (ب) dengan tanwin. Dalam hal ini, bacaan nun sukun harus diubah menjadi mim dengan suara iqlab. Proses iqlab ini terjadi dengan mengubah bacaan nun sukun menjadi mim tanpa ghunnah.

Tata Cara Iqlab ada berapakah huruf iqlab hukum iqlab, ada berapakah huruf iqlab Ada 3 tata cara utama dalam pelafalan iqlab, yaitu:
  1. Pertama, ketika tertulis nun mati (sukun) pada akhir kalimat, maka bacaannya harus diubah menjadi mim dengan suara iqlab.
  2. Kedua, ketika nun mati diikuti oleh ba dengan tanwin, maka bacaannya juga harus diubah menjadi mim dengan iqlab.
  3. Ketiga, apabila iqlab terjadi di tengah-tengah kalimat, maka bacaan nun mati harus diubah menjadi mim tanpa mengeluarkan ghunnah.

Contoh Iqlab dalam Bacaan Al-Qur'an

Ada beberapa contoh konkret tentang penggunaan iqlab dalam bacaan Al-Qur'an. Salah satu contoh yang sering dijumpai adalah pada kata "dannin" yang jika diikuti dengan kata "bibi". Dalam bacaan tajwid, kata "dannin" akan diubah menjadi "dambibi" dengan menggunakan iqlab.

Demikianlah penjelasan singkat tentang hukum bacaan iqlab. Dengan pemahaman yang baik tentang konsep ini, kita dapat melafalkan bacaan Al-Qur'an dengan tajwid yang benar. Semoga penjelasan ini berguna bagi anda dalam memahami lebih lanjut tentang iqlab.