5 Negara Pemeluk Agama Hindu Terbesar di Dunia - Salah Satunya Indonesia

Apr 26, 2018
Hiburan

Agama Hindu merupakan salah satu agama dunia yang memiliki sejarah panjang dan banyak penganut. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang 5 negara dengan jumlah pemeluk agama Hindu terbanyak di dunia, dan salah satunya adalah Indonesia.

1. India

India merupakan tanah asal agama Hindu. Dengan populasi lebih dari satu miliar, India merupakan negara dengan jumlah pemeluk agama Hindu terbesar di dunia. Agama mayoritas India adalah Hindu.

2. Nepal

Nepal adalah negara yang berbatasan dengan India dan merupakan negara dengan mayoritas penduduk Hindu kedua terbesar di dunia. Agama Hindu di Nepal sangat kental dalam kehidupan sehari-hari warganya.

3. Bangladesh

Di Bangladesh, agama Hindu juga memiliki pemeluk yang signifikan. Meskipun mayoritas penduduk Bangladesh adalah Muslim, komunitas Hindu di negara ini tetap kuat dan memiliki berbagai ritual dan tradisi Hindu yang dipraktikkan.

4. Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan dengan beragam suku dan agama. Meskipun mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim, agama Hindu juga memiliki pengikut yang cukup signifikan khususnya di Pulau Bali dan beberapa daerah lainnya. Agama orang India di Indonesia juga banyak dipraktikkan, terlebih di kalangan keturunan India di Indonesia.

5. Mauritius

Mauritius adalah negara kepulauan di Samudra Hindia yang memiliki populasi Hindu yang cukup besar di antara penduduknya. Agama Hindu di Mauritius juga dipengaruhi oleh berbagai tradisi India.

Ringkasan

Demikianlah 5 negara pemeluk agama Hindu terbesar di dunia, dengan salah satunya adalah Indonesia. Meskipun mayoritas penduduk di negara-negara ini mungkin memiliki agama lain, keberadaan pemeluk agama Hindu tetap kuat dan memberi warna dalam keberagaman agama di dunia.